Resume Jarkom Pertemuan 3

1. Apa perbedaan baseband dengan broadband?
2. Kenapa jika switch memakai double cable salah satu port akan di disable, kenapa disable?
port mana yang akan disable?



Jawaban :

1. Baseband adalah sebuah metode penggunaan media komunikasi dimana frekuensi yang dilewatkan pada carrier hanya satu buah untuk mentransmisikan data.
Dalam teknik Transmisi Baseband

• Satu single data ditransmisikan secara langsung melalui kawat, dengan tegangan positif dan negatif.Interface RS-232 adalah salah satu contoh transmisi baseband.
• Informasi ditransmisikan dalam bidang dasar (bidang frekuensi asli)
Oleh karena itu, dalam satu media tersebut hanya terdapat satu sinyal yang memiliki arti. Salah satu contoh pengguna metode baseband adalah ethernet. Lawan baseband adalah Broadband.

Broadband sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.
Akses internet jalur lebar menjadi pasar yang tumbuh dengan cepat dalam banyak bidang di awal 2000-an; satu penelitian menemukan bahwa penggunaan internet jalurlebar di Amerika Serikat tumbuh dari 6% pada Juni 2000 ke nyaris 30% pada 2003.
Beberapa implementasi modern dari jalur lebar telah mencapai 20 Mbit/detik, beberapa ratus kali lebih cepat dari yang ada pada awal internet dan biayanya juga lebih murah; meskipun begitu biaya dan performa bervariasi di berbagai negara.
Negara dengan penetrasi penggunaan jalurlebar tertinggi di dunia adalah Korea Selatan, di mana 23,17% (data Desember 2003) penduduknya memanfaatkan koneksi jenis ini.

2. Karena apabila switch memakai double cable pada kondisi sama dan address sama menyebabkan looping transfer data pada switch dan membuat switch down, sehingga agar tidak terjadi proses demikian switch dirancang melakukan disable salah satu double cable tersebut, port yang mengalami disable yaitu pada switch terakhir di port value paling besar.

0 Response to "Resume Jarkom Pertemuan 3"

Posting Komentar